Mengoperasikan Ms.Excel Bagi Petugas Entri Data


Ms.Excel
Ms.Excel

Pelatihan ini menggunakan moda Webinar

Rujukan dan Okupasi Pelatihan: Petugas Entri Data dalam rujukan Indotask 2020 Kode 4132

 

Gambaran Pelatihan

Program ini memberikan pengetahuan dasar terkait pekerjaan sebagai petugas entri data, menggunakan rumus dasar Ms.Excel, rumus pengolahan data Ms.Excel, fungsi logika dan look-up Ms.Excel, visualisasi data dan shortcut Ms.Excel, hingga membuat laporan data dengan menggunakan aplikasi Ms.Excel.

 

Kompetensi yang Dilatih

Pada pelatihan ini peserta akan diajarkan materi dasar terkait entri data, rumus dasar Ms.Excel, rumus pengolahan data Ms.Excel, fungsi logika dan look-up Ms.Excel, visualisasi data dan shortcut Ms.Excel, hingga membuat laporan data dengan Ms.Excel. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat mengoperasikan Ms.Excel untuk untuk menginput dan mengelola data, hal ini penting agar peserta mendapatkan gambaran umum terkait pekerjaan sebagai seorang petugas entri data.

 

Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Pengenalan Aplikasi Microsoft Excel

Sesi 2: Grafik dan rumus sederhana Microsoft Excel

Sesi 3: Fungsi text dan fungsi logika Mocrosoft Excel

Sesi 4: Fungsi Lookup Microsoft Excel

Sesi 5: Filter dan pivot tabel Microsoft Excel

 

SITUASI IDEAL

Berdasarkan  SKKNI Nomor 56 Tahun 2018, Pengoperasian Komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bersamaan dengan semakin berkembangnya penggunaan teknologi informasi, baik untuk keperluan pribadi, bisnis maupun pemerintahan. Hal ini telah memacu kebutuhan akan tersedianya tenaga yang kompeten dalam bidang komputer, khususnya bagi petugas entri data. Petugas entri data merupakan salah satu jenis pekerjaan administrasi yang melibatkan berbagai proses seperti mengetik untuk memasukkan dan memperbarui data atau informasi kedalam database menggunakan software elektronik. Pada umumnya, proses entri data ini dilakukan menggunakan aplikasi  Ms.Excel agar lebih efisien, aman, dan sesuai dengan teknologi terkini. Dalam artikel indeed https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/data-entry-jobs petugas entri data bertanggung jawab untuk mengambil data yang mereka terima dari suatu perusahaan dan mengaturnya ke dalam sistem file atau format spreadsheet yang sesuai. Oleh karena itu Petugas Entri Data harus mampu menggunakan perangkat lunak untuk mengolah kata dan data, salah satunya dengan mengoperasikan Ms.Excel untuk menunjang kecepatan dan keakuratan data yang dibuat dan disajikan.

SITUASI FAKTUAL YANG TERJADI DI LAPANGAN

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam lingkungan dunia kerja, sejak 10 tahun terakhir, kebutuhan akan petugas entri data saat ini masih cukup tinggi karena pengolahan data dibutuhkan untuk berbagai konteks kepentingan seperti ekonomi dan bisnis di era revolusi 4.0. dilansir dari data yang di peroleh melalui berbagai situs lowongan kerja seperti www.jobstreet.co.id lebih dari 1600 tersedia lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai data entry atau petugas entri data. Namun faktanya kebutuhan tersebut tidak didukung oleh kompetensi calon Petugas Entri Data di Indonesia yang memadai, karena rendahnya keterampilan yang dimiliki dalam mengoperasikan aplikasi perkantoran seperti Ms.Excel sebagai bagian dari syarat menjadi petugas entri data. Maka dari itu penting untuk mengikuti pelatihan ini agar petugas entri data mampu menguasai aplikasi perkantoran, seperti  Mengoperasikan Ms.Excel untuk menunjang kecepatan dan keakuratan data yang dibuat dan disajikan secara tepat.

Kompetensi dalam pelatihan ini mengacu kepada SKKNI (Nomor 56 Tahun 2018) tentang pengoperasian Komputer dengan mengacu kepada Unit Kompetensi sebagai berikut :

Kode Unit

Judul Unit Kompetensi

J.63OPR00.005.2

Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar(Spreadsheet) Tingkat Dasar

J.63OPR00.012.2

Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Kerja Tingkat Lanjut

J.63OPR00.014.2

Melakukan Pemasukan Data

J.63OPR00.015.2

Memastikan Validitas Data

 Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNITIF)

SIKAP KERJA (AFEKTIF)

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

fungsi dasar dan pengoperasian Microsoft Excel

Cermat dalam menggunakan fungsi dasar dan mengoperasikan Microsoft Excel

Mengoperasikan fungsi dasar dan cara menggunakan Microsoft Excel

Grafik dan rumus sederhana Microsoft Excel

Teliti dalam membuat grafik dan menggunakan rumus sederhana Microsoft Excel

Membuat grafik / chart dan menggunakan rumus sederhana Microsoft Excel

Fungsi text dan fungsi logika Microsoft Excel

Akurat  dalam menggunakan fungsi text dan fungsi logika pada Microsoft Excel

Mengimplementasikan fungsi text dan fungsi logika dengan akurat

Fungsi Vlookup dan Hlookup

Tepat dalam menggunakan fitur Lookup pada Microsoft Excel

Mengimplementasikan penggunaan fitu-fitur pada Microsoft Office Excel dengan lebih tepat

Fungsi filter dan pivot table untuk membuat laporan

Menunjukan sikap tanggung jawab dalam membuat laporan

Membuat pivot table dan menggunakan fungsi filter

 Jadwal Pelatihan

11-03-2024 s.d. 15-03-2024,

11 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

12 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

13 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

14 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

15 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

 18-03-2024 s.d. 22-03-2024,

18 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

19 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

20 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

21 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

22 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

 

25-03-2024 s.d. 29-03-2024,

25 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

26 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

27 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

28 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

29 Mar, 13.00 - 16.00 WIB

 

01-04-2024 s.d. 05-04-2024,

01 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

02 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

03 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

04 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

05 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

 

08-04-2024 s.d. 12-04-2024,

08 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

09 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

10 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

11 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

12 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

 

15-04-2024 s.d. 19-04-2024,

15 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

16 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

17 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

18 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

19 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

 

22-04-2024 s.d. 26-04-2024,

22 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

23 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

24 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

25 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

26 Apr, 13.00 - 16.00 WIB

 

06-05-2024 s.d. 10-05-2024,

06 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

07 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

08 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

09 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

10 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

 

13-05-2024 s.d. 17-05-2024,

13 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

14 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

15 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

16 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

17 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

 

20-05-2024 s.d. 24-05-2024,

20 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

21 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

22 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

23 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

24 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

 

27-05-2024 s.d. 31-05-2024,

27 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

28 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

29 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

30 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

31 Mei, 13.00 - 16.00 WIB

Langkah Mengakses Webinar:

  1. Pilih aktivitas Sesi Belajar
  2. Bacalah instruksi lalu pilih tab Pertemuan
  3. Kemudian klik Tombol Tautan
  4. Setelah klik Tombol Tautan akan diarahkan ke Link Zoom webinar

 SYARAT DAN KETENTUAN LAINNYA

 1. Syarat tingkat pendidikan Minimal SMA/ sederajat

2. Usia minimum 18 tahun, dan maksimum 64 tahun

3. Peserta memiliki smart phone

4. PC komputer/ Laptop yang sudah terinstal aplikasi Microsoft Office

5. Peserta memiliki jaringan/ koneksi internet untuk menunjang kelas webinar pada pelatihan ini

6. Memiliki Kemauan untuk meningkatkan potensi diri agar bisa mengikuti perkembangan teknologi

 

Kuota: 50 Peserta

Metode Evaluasi 

1.    Pre-Test

2.    Formative Test

3.    Tugas Praktik Mandiri

4.    Post-Test

5.    Unjuk Keterampilan

 

a.    Waktu dan Instruksi penyelenggaraan unjuk keterampilan: 

Pemberian instruksi diberikan maksimal 1x24 jam setelah post test dan dikumpulkan maksimal 3 (tiga) hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir

b.    Gambaran umum instruksi unjuk keterampilan:

Contoh : Unjuk keterampilan yang akan dilakukan peserta adalah membuat dokumen excel sesuai petunjuk yang diberikan

 

Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating:

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukkan 100% maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating 
  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"

 

Jenis Sertifikat: 

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min.80% nilai unjuk keterampilan

 

Kontak Lembaga

Website Lembaga : https://ceriacourse.com/

Nomor Telephone : 082281921753 (WA, chat only)

Email : ceria.course@gmail.co

Kantor : Jl. Cut Nyak Dien RT/RW.002/002 Pekon Wargomulyo Kec.Pardasuka Kab.Pringsewu Lampung 35782

Gabung group Telegram : https://t.me/+h7bDTGGjekkzMGE9

No comments:

Post a Comment