Ms.Excel |
Pelatihan ini menggunakan moda Webinar
Rujukan dan Okupasi Pelatihan: Petugas Entri Data dalam rujukan Indotask 2020 Kode 4132
Gambaran Pelatihan
Program ini
memberikan pengetahuan dasar terkait pekerjaan sebagai petugas entri data, menggunakan
rumus dasar Ms.Excel, rumus pengolahan
data Ms.Excel, fungsi logika dan look-up Ms.Excel, visualisasi data dan
shortcut Ms.Excel, hingga membuat laporan data dengan menggunakan aplikasi
Ms.Excel.
Kompetensi yang Dilatih
Pada pelatihan ini peserta akan diajarkan materi dasar terkait entri
data, rumus dasar Ms.Excel, rumus pengolahan data Ms.Excel, fungsi logika dan
look-up Ms.Excel, visualisasi data dan shortcut Ms.Excel, hingga membuat
laporan data dengan Ms.Excel. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat
mengoperasikan Ms.Excel untuk untuk menginput dan mengelola data, hal ini
penting agar peserta mendapatkan gambaran umum terkait pekerjaan sebagai
seorang petugas entri data.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Pengenalan Aplikasi Microsoft Excel
Sesi 2: Grafik dan rumus sederhana Microsoft Excel
Sesi 3: Fungsi text dan fungsi logika Mocrosoft
Excel
Sesi 4: Fungsi Lookup Microsoft Excel
Sesi 5: Filter dan pivot tabel Microsoft Excel
SITUASI
IDEAL |
Berdasarkan
SKKNI Nomor 56 Tahun 2018, Pengoperasian Komputer telah menjadi bagian
dari kehidupan sehari-hari bersamaan dengan semakin berkembangnya penggunaan
teknologi informasi, baik untuk keperluan pribadi, bisnis maupun
pemerintahan. Hal ini telah memacu kebutuhan akan tersedianya tenaga yang
kompeten dalam bidang komputer, khususnya bagi petugas entri data. Petugas
entri data merupakan salah satu jenis pekerjaan administrasi yang melibatkan
berbagai proses seperti mengetik untuk memasukkan dan memperbarui data atau
informasi kedalam database menggunakan software elektronik. Pada umumnya,
proses entri data ini dilakukan menggunakan aplikasi Ms.Excel agar lebih efisien, aman, dan
sesuai dengan teknologi terkini. Dalam artikel indeed https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/data-entry-jobs
petugas entri data bertanggung jawab untuk mengambil data yang mereka terima
dari suatu perusahaan dan mengaturnya ke dalam sistem file atau format
spreadsheet yang sesuai. Oleh karena itu Petugas Entri Data harus mampu
menggunakan perangkat lunak untuk mengolah kata dan data, salah satunya
dengan mengoperasikan Ms.Excel untuk menunjang kecepatan dan keakuratan data
yang dibuat dan disajikan. |
SITUASI FAKTUAL YANG TERJADI DI LAPANGAN |
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam
lingkungan dunia kerja, sejak 10 tahun terakhir, kebutuhan akan petugas entri
data saat ini masih cukup tinggi karena pengolahan data dibutuhkan untuk
berbagai konteks kepentingan seperti ekonomi dan bisnis di era revolusi
4.0. dilansir dari data yang di peroleh melalui berbagai situs lowongan
kerja seperti www.jobstreet.co.id
lebih dari 1600 tersedia lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai data entry
atau petugas entri data. Namun faktanya kebutuhan tersebut tidak didukung
oleh kompetensi calon Petugas Entri Data di Indonesia yang memadai, karena
rendahnya keterampilan yang dimiliki dalam mengoperasikan aplikasi
perkantoran seperti Ms.Excel sebagai bagian dari syarat menjadi petugas entri
data. Maka dari itu penting untuk mengikuti pelatihan ini agar petugas entri
data mampu menguasai aplikasi perkantoran, seperti Mengoperasikan Ms.Excel untuk menunjang
kecepatan dan keakuratan data yang dibuat dan disajikan secara tepat. |
Kompetensi dalam pelatihan ini mengacu kepada SKKNI (Nomor 56 Tahun 2018) tentang pengoperasian Komputer dengan mengacu kepada Unit Kompetensi sebagai berikut :
Kode
Unit |
Judul
Unit Kompetensi |
J.63OPR00.005.2 |
Menggunakan Perangkat
Lunak Lembar Sebar(Spreadsheet) Tingkat Dasar |
J.63OPR00.012.2 |
Menggunakan
Perangkat Lunak Lembar Kerja Tingkat Lanjut |
J.63OPR00.014.2 |
Melakukan
Pemasukan Data |
J.63OPR00.015.2 |
Memastikan
Validitas Data |
PENGETAHUAN
(KOGNITIF) |
SIKAP
KERJA (AFEKTIF) |
KETERAMPILAN
(PSIKOMOTOR) |
fungsi dasar dan pengoperasian Microsoft Excel |
Cermat dalam menggunakan fungsi dasar dan mengoperasikan Microsoft
Excel |
Mengoperasikan fungsi dasar dan cara menggunakan Microsoft Excel |
Grafik dan rumus sederhana Microsoft Excel |
Teliti dalam membuat grafik dan menggunakan rumus sederhana Microsoft
Excel |
Membuat grafik / chart dan menggunakan rumus sederhana Microsoft Excel |
Fungsi text dan fungsi logika Microsoft Excel |
Akurat dalam menggunakan fungsi
text dan fungsi logika pada Microsoft Excel |
Mengimplementasikan fungsi text dan fungsi logika dengan akurat |
Fungsi Vlookup dan Hlookup |
Tepat dalam menggunakan fitur Lookup pada Microsoft Excel |
Mengimplementasikan penggunaan fitu-fitur pada Microsoft Office Excel
dengan lebih tepat |
Fungsi filter dan pivot table untuk membuat laporan |
Menunjukan sikap tanggung jawab dalam membuat laporan |
Membuat pivot table dan menggunakan fungsi filter |
11-03-2024 s.d. 15-03-2024,
11 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
12 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
13 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
14 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
15 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
18-03-2024 s.d. 22-03-2024,
18 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
19 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
20 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
21 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
22 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
25-03-2024 s.d. 29-03-2024,
25 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
26 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
27 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
28 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
29 Mar, 13.00 - 16.00 WIB
01-04-2024 s.d. 05-04-2024,
01 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
02 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
03 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
04 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
05 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
08-04-2024 s.d. 12-04-2024,
08 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
09 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
10 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
11 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
12 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
15-04-2024 s.d. 19-04-2024,
15 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
16 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
17 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
18 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
19 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
22-04-2024 s.d. 26-04-2024,
22 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
23 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
24 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
25 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
26 Apr, 13.00 - 16.00 WIB
06-05-2024 s.d. 10-05-2024,
06 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
07 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
08 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
09 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
10 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
13-05-2024 s.d. 17-05-2024,
13 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
14 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
15 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
16 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
17 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
20-05-2024 s.d. 24-05-2024,
20 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
21 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
22 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
23 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
24 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
27-05-2024 s.d. 31-05-2024,
27 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
28 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
29 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
30 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
31 Mei, 13.00 - 16.00 WIB
Langkah Mengakses Webinar:
- Pilih aktivitas
Sesi Belajar
- Bacalah instruksi
lalu pilih tab Pertemuan
- Kemudian klik
Tombol Tautan
- Setelah klik
Tombol Tautan akan diarahkan ke Link Zoom webinar
2. Usia
minimum 18 tahun, dan maksimum 64 tahun
3.
Peserta memiliki smart phone
4. PC
komputer/ Laptop yang sudah terinstal aplikasi Microsoft Office
5.
Peserta memiliki jaringan/ koneksi internet untuk menunjang kelas webinar pada
pelatihan ini
6.
Memiliki Kemauan untuk meningkatkan potensi diri agar bisa mengikuti
perkembangan teknologi
Kuota: 50 Peserta
Metode
Evaluasi
1.
Pre-Test
2.
Formative Test
3.
Tugas Praktik Mandiri
4.
Post-Test
5.
Unjuk Keterampilan
a.
Waktu dan Instruksi penyelenggaraan unjuk
keterampilan:
Pemberian instruksi diberikan maksimal 1x24 jam
setelah post test dan dikumpulkan maksimal 3 (tiga) hari setelah instruksi
unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir
b.
Gambaran umum instruksi unjuk keterampilan:
Contoh : Unjuk keterampilan yang akan dilakukan
peserta adalah membuat dokumen excel sesuai petunjuk yang diberikan
Langkah-langkah
melihat sertifikat dan mengisi rating:
- Setelah semua
aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukkan 100% maka akan muncul
kolom rating dan silahkan isi rating
- Setelah itu,
sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada
tombol "Lihat Sertifikat"
Jenis
Sertifikat:
- Sertifikat
Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan
sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
- Sertifikat
Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika
peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai
post-test dan min.80% nilai unjuk keterampilan
Kontak
Lembaga
Website
Lembaga : https://ceriacourse.com/
Nomor
Telephone : 082281921753 (WA, chat only)
Email :
ceria.course@gmail.co
Kantor
: Jl. Cut Nyak Dien RT/RW.002/002 Pekon Wargomulyo Kec.Pardasuka Kab.Pringsewu
Lampung 35782
Gabung
group Telegram : https://t.me/+h7bDTGGjekkzMGE9
No comments:
Post a Comment